Forum Bebas Untuk Tujuan Perdamaian, Cinta dan Solidaritas
 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  Login  
Terima kasih anda telah mengunjungi ONE PIECE Forum .... Semoga anda betah dan nyaman di ONE PIECE Forum..
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
PENGUNJUNG
Free Web Counter
Latest topics
» Acara perkenalan murid baru
21st July 2017, 10:47 pm by Usop

» Masih salah
24th May 2017, 1:28 pm by Usop

» Istri pemalu
24th May 2017, 1:26 pm by Usop

» Tips awet muda
22nd May 2017, 5:24 pm by Usop

» Bikin Kondom
22nd May 2017, 5:23 pm by sanji

» Surga atau Neraka
21st December 2016, 10:45 am by Usop

» Body repair Semi Oven : 0816 939 484 / 915 665 60
7th January 2014, 7:35 am by herbrata

» Positive thinking
24th September 2013, 4:53 pm by Usop

» @afifadira salamkenaaaaaaaaaaaal
20th September 2013, 2:31 pm by budi

Adsense Indonesia

Share | 
 

 Ini Cara Ganti Knalpot Mobil yang Tepat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
ade
ABK Junior Tingkat Delapan
ABK Junior Tingkat Delapan
avatar

Male Jumlah posting : 524
Age : 31
Lokasi : Kota udang
point :
0 / 1000 / 100

Thanks : 8
Points : 663
Registration date : 13.01.09

PostSubyek: Ini Cara Ganti Knalpot Mobil yang Tepat    15th June 2011, 10:34 pm

Sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran atau knalpot juga memiliki pengaruh terhadap tenaga mesin. Lantaran itulah, komponen mobil ini memiliki arti penting.

Bahkan, begitu pentingnya tak sedikit pemilik mobil yang berusaha menggantinya dengan knalpot hasil kreasi bengkel atau produsen knalpot. Hanya, tak sedikit pula yang merasa kecewa. Pasalnya setelah knalpot diganti tenaga mobil bukan semakin tokcer justeru sebaliknya, menjadi loyo.

Knalpot yang berdesain bagus akan memberikan tekanan balik yang tepat. Walhasil, proses pembakaran di ruang bakar mesin akan mendapatkan asupan udara yang terus menerus dalam jumlah optimal. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan makin sempurna. Hanya, tak jarang desain knalpot tersebut juga mengakibatkan mobil boros bahan bakar.

Lantas apa yang harus diperhatikan sebelum mengganti knalpot agar tenaga besar tetapi tidak boros bahan bakar? Berikut tips-nya :

1. Pilih ukuran yang ideal
Pilihan ukuran pipa knalpot yang umum tersedia di pasaran adalah 3 inci, 3,5 inci, serta 4inci. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan ahli knalpot dengan minta perbandingan keuntungan dan kekurangan bila menggunakan ukuran dari masing-masing pilihan.

Pasalnya, diameter pipa sangat berpengaruh terhadap gas buang yang terdorong. Oleh karena itu, memilih ukuran pipa sangat sulit agar sesuai, perhitungan kombinasi antara letak mesin, intake manifold, karburator atau tempat masuknya bahan bakar harus diperhitungkan dengan cermat.

Jangan lupa untuk menyesuaikan header, resonator, serta muffler dengan ukuran pipa tersebut. Sebisa mungkin pilihlah pipa dengan lekukan yang baik dan bulat agar sisa gas buang dapat mengalir lancar. Tetapi bukan bebas mengalir atau freeflow tanpa halangan.

2. Pastikan konfigurasi header dan desain pipa
Header adalah saluran buang gas hasil sisa pembakaran dari blok mesin. Pada mobil bermesin empat silinder header berjumlah empat dan mesin enam silinder enam buah.

Konfigurasi header umumnya 4-2-1 atau 4- 1. Artinya gas buang dari blok mesin disalurkan ke empat saluran, kemudian dua saluran, dan bermuara ke satu saluran.

Sedangkan 4 – 1, berarti gas sisa pembakaran disalurkan ke empat saluran dan langsung bermuara ke satu saluran.

Bila Anda ingin mengganti knalpot bawaan pabrik dengan knalpot produk produsen lain. Pastikan, konfigurasi dan desain lubang dan lekukan pipa benar-benar tepat.

Sehingga selain tidak menyebabkan mobil boros bahan bakar, juga mendongkrak tenaga.

Pasalnya, semakin lancar gas hasil pembakaran terbuang maka tenaga akan semakin besar. Begitu pun sebaliknya. Bila tepat tenaga bisa meningkat 5 - 10 persen dari tenaga awal.

3. Sesuaikan dengan jenis transmisi mobil
Bila mobil Anda menggunakan transmisi manual maka perhatikan beberapa hal secara teliti mulai dari header, resonator, hingga muffler. Pastikan ukuran, sambungan, serta desain komponen itu tepat.

Sebab, pada mobil transmisi manual, setipa kali ganti posisi gigi dan pedal gas diinjak pada saat itu pula semburan gas dari blok mesin meningkat. Aliran gas itulah membutuhkan pengelolaan yang tepat agar memberi efek tekanan balik ke ruang bakar secara tepat sekaligus terbuang secara teratur.

Sedangkan bila mobil Anda bertransmisi otomatis, persyaratannya cukup sederhana. Cukup mengganti header berkonfigurasi 4-2-1 dengan desain yang tepat plus diameter pipa yang tidak terlalu besar.

Sebab, bila diameter pipa terlalu besar sama halnya dengan knalpot free flow. Untuk mobil transmisi otomatis, knalpot jenis ini justeru membuat semakin boros.
Kembali Ke Atas Go down
 
Ini Cara Ganti Knalpot Mobil yang Tepat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
one-piece :: One-piece Ruang Mesin :: Otomotif-
Navigasi: